PDF Cetak Email

KESISWAAN

Dalam pelaksanaan dari kegiatan pengelolaan kesiswaan mencakup kegiatan kegiatan  antara lain:

1.   Perencanaan Kesiswaan

Perencanaan kesiswaan berhubungan dengan program kesiswaan yang akan dilaksanakan dalam satu semester atau satu tahun pelajaran baik itu berhubungan dengan kegiatan ekstra kurikuler atau kokurikuler.

 

2.   Penerimaan Siswa Baru (PSB)

Dalam kegiatan Penerimaan Siswa baru menyangkut masalah:

a.   Kebijakan Penerimaan Siswa Baru

b.   Jumlah Penerimaan Siswa Baru

c.    Sistem Penerimaan Siswa baru

d.   Orientasi Siswa Baru.

 

3.   Kehadiran Siswa di Sekolah

Masalah kehadiran siswa di sekolah bukan hanya secara fisik siswa melainkan keterlibatan siswa dalam kegiatan kegiatan sekolah seperti yang disebutkan dalam ‘Dictionari of Education’(Good Carter).Kehadiran siswa di sekolah biasa disebut dengan istilah presensi siswa yang menyangkut dua hal yaitu masalah kehadiran siswa di sekolah (school attendece) dan ketidakhadiran siswa di sekolah (non school attendence).

 

4.   Pembinaan Disiplin Siswa

Masalah disiplin merupakan suatu masalah yang sangat penting di sekolah. Disiplin sekolah sering dijadikan ukuran untuk keberhasilan kepala sekolah dalam memimpin sekolahnya. Ada 3 teknik pemberian disiplin di sekolah yaitu :

a.   Teknik pengendalian dari luar (external control technique)

b.   Teknik pengendalian dari dalam (inner control technique)

c.    Teknik pengendalian kooferatif (cooferatif control technique).

           

5.   Kenaikan Kelas dan Penjurusan.

Persyaratan persyaratan kenaikan kelas dan penentuan jurusan program telah diatur secara terinci dalam kurikulum SMA baik itu kenaikan kelas atau kelulusan siswa.

 

6.   Perpindahan Siswa

Perpindahan siswa sering disebut mutasi siswa. Perpindahan ini ada dua macam yaitu :

a.   Perpindahan siswa dari suatu sekolah ke sekolah lain yang sejenis.

b.   Perpindahan siswa dari suatu jenis program ke jenis program lain.

 

7.   Kelulusan

Proses kelulusan adalah administrasi siswa yang paling akhir. Kelulusan adalah pernyataan dari sekolah sebagai suatu lembaga tentang telah diselesainya program pendidikan di suatu sekolah dan berhasil dalam UAN dan UAS maka kepadanya diberikan STTB atau ijazah.

 

8.   Kegiatan Ekstra Kelas

Kegiatan Ekstra kelas adalah kegiatan pendidikan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran biasa. Kegiatan ini dilakukan sore hari bagi sekolah yang masuk pagi hari, untuk sekolah yang masuk sore dilakukan pada pagi hari. Kegiatan ini meliputi ekstra kurikuler seperti olahraga, kesenian, pramuka, dan ketrampilan lain, dan kokurikuler seperti mengerjakan PR, mempelajari buku buku, latiham mata pelajaran olimpiade, latihan debat bahasa inggris, diskusi kelompok dan lain sebagainya.

 

9.   OSIS

Organisasi Kesiswaaan merupakan wadah atau arena tempat kehidupan siswa sebagai calon anggota masyarakat. Pada organisasi ini siswa mendapatkan pembelajaran dan pengalaman dalam memimpin, bekerja sama, demokrasi, toleransi, dan mengendalikan organisasi.

Dengan sinergisnya antara kegiatan akdemik , kegiatan kesiswaan dan dukungan sarana prasarana yang ada  di sekolah akan melahirkan anak anak  yang tidak hanya hebat pada bidang akademis (keilmuan) tetapi juga akan kreatif, inovatif bahkan dapat mandiri dengan ketrampilan ketrampilan yang dipunyainya.

Sehingga sekolah benar benar menjadi tempat menempa anak anak yang mampu berkompetisi dengan cerdas dan sehat serta tujuan pendidikan yang ingin menciptakan manusia seutuhnya mudah mudahan akan terwujud sesuai dengan amanah UUD 1945 dan dasar negara  yaitu Pancasila. Wassalam dan terima kasih

 
 

Who's Online

Ada 23 tamu online

World Time

JAKARTA

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday79
mod_vvisit_counterYesterday172
mod_vvisit_counterThis week578
mod_vvisit_counterThis month4240
mod_vvisit_counterAll439294